PERKEDEL IKAN GABUS
 Kumpulan Resep Praktis Masakan Jajanan Dunia
Kumpulan Resep Praktis Masakan Jajanan Dunia

PERKEDEL IKAN GABUS

  • Rate this recipe!
  • Your rating
Overall rating 0 0 ratings

Ingredients

  • 200 gram ikan gabus, yang sudah dibuang tulang dan duri
  • 500 gram kentang, kupas lalu digoreng dan dihaluskan
  • 1 butir putih telur, kocok Iepas
  • 1 butir telur ayam, kocok rata
  • 8 buah bawang merah, cincang halus
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 buah jeruk nipis, peras air sarinya
  • Garam, merica, dan gula pasir secukupnya.

Instructions

    Banyak penamaan pada tiap daerah yang diberikan kepada salah satu ikan predator yang diluar sana disebut dengan Snakehead (kepala ular) ini. Dalam bahasa Melayu Jambi menyebutkannya sebagai ikan Ruan, Bahasa betawi menyebutnya ikan kocolan, Bahasa Sunda menyebutnya ikan bogo, Bahasa Banyumas menyebutnya ikan bayong, bogo, licingan, bagi orang jawa menyebutnya ikan kutuk, dan bagi orang minahasa menyebutnya ikan kabos.

    Gabus bisa hidup dengan segala kondisi pada air tawar. Bahkan ada kata-kata orang dahulu, asal ada air menggenang banyak di tanah, pasti ada gabus. Wah hebat juga ya gabus ini.

    Tapi ingat ya ikan toman berbeda dengan ikan gabus. Orang sering menyamaratakan kedua ikan ini. Sebenarnya untuk gampangnya sih toman itu jenis bagus yang besar, panjangnya bisa lebih dari 1 meter. Sama genus tapi beda spesies. Nama ilmiahnya ikan gabus adalah Channa striata dan nama ilmiahnya ikan toman adalah Channa micropeltes.

    Manfaat yang bisa kita dapat dari ikan yang memiliki protein tinggi ini banyak banget. Diantaranya membantu mempercepat penyembuhan luka pasca operasi, meningkatkan kadar Albumin dan daya tahan tubuh anak-anak orang dewasa dan manula, dan menyehatkan pencernaan dalam membantu penyembuhan beragam penyakit.

    Satu manfaat yang jarang diketahui orang akan manfaat mengkonsumsi ikan gabus adalah katanya dapat membantu penyembuhan anak autis, karena ikan gabus memiliki kandungan Kalori sebesar 69 kalori, Protein sebesar 25,2 g, Phospor sebesar 76 mg, Besi sebesar 0,9 mg, Kalsium sebesar 62 mg, Vitamin A sebesar 150 mg, Vitamin B sebesar 0,04 mg, dan Lemak sebesar 1,7 g, dalam per 100 gram daging ikan gabus, yang dapat berfungsi untuk membantu penyembuhan pada pengidap autis.

    Wah jadi kepingin masak ikan gabus nih. Yuk kita masak perkedel ikan gabus !

    Resep ini untuk : 12 buah
    Lama memasak : 35 menit
    Tingkat kesulitan memasak : Mudah

    CARA MEMASAK
    1. Lumuri ikan gabus dengan air jeruk nipis, biarkan 5 - 10 menit, tiriskan. Rebus sebentar hingga sedikit kelihatan matang. Angkat dan hancurkan. Perhatikan saat menghancurkan daging ikan untuk membuang semua tulang dan duri yang masih melekat di daging ikan.

    2. Goreng bawang merah dan bawang putih yang telah dicincang halus dengan sedikit minyak hingga warnanya menjadi kuning dan harum. Angkat dan tiriskan.

    3. Campur ikan gabus yang sudah dihancurkan dengan kentang halus, putih telur kocok, bawang merah goreng, bawang putih goreng, garam, gula, dan merica. Aduk menjadi satu hingga adonan rata.

    4. Bentuk adonan bulat lonjong sepanjang 4 cm atau sesuai selera.

    5. Panaskan minyak dalam wajan dengan api kecil. Sebelum adonan yang telah dibentuk tadi dimasukkan ke wajan penggorengan, celupkan adonan yang telah dibentuk tadi itu ke dalam kocokan telur ayam. Goreng adonan yang telah dicelupkan itu hingga terlihat kuning dan matang. Angkat, tiriskan. Hidangkan selagi hangat.

    Wah enak juga ya ikan gabus dibuat jadi perkedel ini.

    Semoga resep ini dapat menjadikan andalan anda dalam berkreasi di dapur dalam menghidangkan makanan yang sehat bagi keluarga dan orang-orang yang anda sayangi !

Comments

Log in or Register to write a comment.