Gudeg Manggar..Varian Gudeg Spesial Yang Langka dan Melegenda Dari Bantul Yogya
Diah Didi's Kitchen
Diah Didi's Kitchen
  • Rate this recipe!
  • Your rating
Overall rating 0 0 ratings

Ingredients

  • 2.. jadi kayak tulisan di internet tentang gudeg manggar ini...kan jadi salah satu yang bikin orang penasaran..dan akhirnya mau berbondong
  • 2 dan proses pembuatannya yang lebih rumit di banding gudeg nangka biasa..karena ada versi gudeg manggar ini yang pembuatannya dari manggar mentah yang musti di bakar dulu di arang berjam
  • 2 sebelum di masak. Tapi kalau ala ibuku ya di gudeg langsung biasa kayak bikin gudeg nangka muda gitu...karena ibuku beli manggarnya udah di rebus setengah matang. Jadi udah masuk dalam kategori warisan kuliner tradisional yang harus di lestarikan ini ya teman
  • 2 di Yogya lho katanya..dan di hidangkan di saat tertentu saja..misal di pernikahan putri
  • 2.. di Yogya ada beberapa penjualnya juga. Sentra kuliner gudeg manggar yang terkenal adalah gudeg manggar di daerah Mangiran Bantul Yogya..di sana masih banyak penjual gudeg manggar. Karena..dari daerah ini lah gudeg manggar ini konon katanya berasal..dan kuliner ini termasuk kuliner tua..yang sudah ada sejak jaman Ki Ageng Mangir..salah satu tokoh daerah tersebut dech...dari jaman dahulu, jaman Yogya masih berstatus Kraton gitu..dan belum bergabung dengan negara kita ini...hihi.
  • 2 sekitar kraton seperti resto Ndalem Raos..dll. Atau di kafenya pak Bondan Winarno..di Kopitiam cabang Yogya..juga ada menu istimewa ini..cuma adanya setiap Sabtu
  • 30 ribu kemaren aku di beliin sama kakakku..jadi wajar dong ya..kalau termasuk kategori gudeg istimewa..karena di samping rasanya yang uenak memang..bahan
  • 2 nya juag mahal dan langka..nggak setiap pasar ada lho..kakakku aja yang memang suka blusukan..apal tempat
  • 2 yang jual bahan
  • 2 di pusat kota Yogya..ke mana
  • 2 jadi cantik..kayak versi gudeg nangka lho..padahal aku nggal pakai pewarna daun jati..lha wong ndak ada..cuma di freezer memang masih untung aku nyimpan air kelapa dan punya gula merah yang warnanya coklat kehitaman..jadi puas dech liat hasil gudeg manggarku..sempurna warna gudegnya, manggarnya jadi empuk dan lembut, bumbu
  • 2 nya benar
  • 2 ini dech seharusnya warnanya. Hemm..puas dech rasanya..walau mahal bahannya..tapi rasa gudeg manggar..memang enak banget ik..apalagi buatan sendiri..hihi
  • 2 dan kadar manisnya bisa sesuai selera. Tekture dan rasa manggar ini memang unik dan khas sekali ketika di masak gudeg begini. Mau coba teman
  • 2 nya sama..nangka mudanya saja yang di ganti sama manggar, dan aku tambahin ceker ayam aja biar makin sedep..gudegnya..
  • 2.. karena kan dengan di ambil manggarnya otomatis pohon kelapa tidak akan berbuah ya..jadi banyak petani kelapa yang sayang kalau harus memanen manggar ini..otomatis kayak mengorbankan calon
  • 2 buah kelapa
  • 2 kelapa
  • 2 yang kurang produktif ini..jika di ambil dulu manggar pertamanya maka nanti akan jadi tumbuh lebih
  • 2 nya lebih
  • 2 ini lagi nge hits di Yogya teman
  • 2.. sebagai salah satu icon wisata kuliner Yogya..kemaren mau meliput warung
  • 2 nya empuk je..hihi. Sambel gorengnya juga istimewa..

Instructions

Comments

Log in or Register to write a comment.