Es Gempol Pleret..Salah Satu Warisan Kuliner Unik Yang Wajib di Lestarikan
Diah Didi's Kitchen
Diah Didi's Kitchen
  • Rate this recipe!
  • Your rating
Overall rating 0 0 ratings

Ingredients

  • 2 ya di siang hari. Kayak tadi juga..waktunya makan siang..tapi aku kok rada males makan..malah ingat masih punya gempol pleret yang aku beli di pasar Gang Baru kemaren. Kan aku beli gempol
  • 2 yang di jual di pasar Gang Baru Semarang ini..bener
  • 2 dari tabloid atau majalah..atau internet yang beredar selama ini..aku coba
  • 2 dan di rebus
  • 2 beli lagi ahh..buat bikin jenang gempol..maaf ya teman
  • 2.. yang suka es gempol juga..belum bisa bikin sendiri aku yang seenak ini. Nanti wis..kapan
  • 2 tak ngulik resepnya ke mbah penjualnya..semoga berhasil..hihi.
  • 2 di luar Jateng yang belum tau apa itu Es Gempol Pleret..itu adalah minuman khas yang bahan utamanya ya si gempol ini, yaitu bulatan
  • 2 putih
  • 2. Setelah itu di kepal
  • 2 lagi bentuk bulat kecil
  • 2 dan di kukus lagi. Aku pernah coba bikin pakai tehnik ini..tapi hasil akhirnya jadi ambyar..nggak berbentuk bulatan setelah di kukus..hihi. Aku tambahin tepung tapioka buat perekat..jadi nya nggak otentik ngeprul dan beremah kayak aslinya..wah..bingung aku jadinya..sekarang belum buat lagi. Buat yang terakhir..terpaksa aku pakai tepung tapioka sedikit itu..ya tetep beda hasilnya. Jadi..sampai sekarang aku masih penasaran dengan resep asli si gempol ini. Jadi..masih harus uji coba terus nich teman
  • 2 di daun pisang..kemudian di kukus hingga matang. Rasa pleret ini juga unik..tawar dan sedikit kenyal..enak..jadi melengkapi kenikmatan ketika menyantap semangkuk es gempol yang
  • 2 an masih banyak penjualnya ya..yang tetep melestarikannya..walaupun proses pembuatannya yang cukup susah. Mudah
  • 2 an juga mbah yang jual gempol di pasar Gang Baru yang enak ini..juga menurunkan keahliannya pada anak cucunya biar tetep ada penerusnya..atau mau di turuni ke aku ilmunya mbah
  • 2 yang belum pernah nyicip..hihi..besok kapan
  • 2 kalau udah bisa buat sendiri seenak ini..tak bagi resepnya dech..

Instructions

Comments

Log in or Register to write a comment.